Aplikasi Fuzzy Mamdani

mamdani

Metode fuzzy mamdani banyak digunaka untuk penelitian tentang sistem cerdas. Sistem cerdas tersebut dapat berupa sistem pakar atau juga sistem pendukung keputusan (SPK). Keunikan dari metode ini adalah Penilaian dilaukan dengan menggunakan derazaat keanggotaan. Derajat keanggotaan tersebut melipui nilai tentang suatu variabel berdasarkan tingkat linguistiknya. Variabel linguistik pada fuzzy yaitu nilai yang bersifat relativitas, misalnya tinggi, sedang dan pendek. Nah tingkatan nilai tersebutlah yang digunakan sebagai penilaian terhadap segitiga fuzzy.

Metode mamdani adalah metode yang juga sering di kenal dengan metode MAX-MIN atau MAX-PRODUCT. Metode Mamdani dikenal juga sebagai metode min-max, diperkenalkan oleh Ebrahim Mamdani pada tahun 1975. Menurut Djunaidi, Setiawan, dan Andista (2005).

Tahapan dan langkah-langkah metode fuzzy mamdani

1. Pembentukan himpunan fuzzy

Pada metode Mamdani baik variabel input maupun variabel output dibagi menjadi satu atau lebih himpunan fuzzy. Contoh himpunan fuzzy ini miaslnya untuk nilai baik yaitu antara 7-10, nilai sedang antara nilai 6-8, dan nilai rendah antara 1 -7.

2. Aplikasi fungsi implikasi

Pada metode Mamdani, fungsi implikasi yang digunakan adalah minimum. Jadi dari nilai yang berupa himpunan fuzzy nilai yang digunakan sebagai implikasi adalah nilai MIN atau nilai yang paling terendah.

3. Komposisi aturan

Yang dimaksud komposisi aturan pada metode fuzzy adalah berupa cara-cara yang digunakan untuk menentukan penilaian himpunan fuzzy. Diantara beberapa metode yang dapat digunakan dalam melakukan komposisi aturan, yaitu metode max (maximum), additive, dan probabilistik OR seperti yang di jelaskan pada buku Kusumadewi dan Purnomo, 2010.

4. Penegasan (defuzzification)

Ini adalah langkah atau tahap terakhir pada sebuah fuzzy mamdani. Penegasan atau yang sering di kenal dengan defuzzification adalah proses mengolah suatu himpunan fuzzy yang diperoleh dari komposisi aturan-aturan fuzzy untuk menghasilkan output berupa suatu bilangan pada domain himpunan fuzzy tersebut.

Demikian posting kali ini, untuk teman teman yang sedang membutuhkan contoh Aplikasi Fuzzy Mamdani bisa hubungi ke :

Wa : 082130656364

Email : mukis.aditya@gmail.com

Salam Koding

Tinggalkan komentar